Categories
Bisnis

Tips Pilih Jaminan Kesehatan dan Cara Bayar Tagihan BPJS Paling Praktis

Asuransi kesehatan menjadi hal wajib yang harus Anda pertimbangkan. Kendati tidak ada yang ingin mendapatkan musibah, tetapi bersiap-siap atau melakukan antisipasi memang harus dilakukan. Salah satu asuransi kesehatan yang umum dipakai adalah BPJS kesehatan, setiap orang yang telah mendaftar menjadi peserta memiliki kewajiban untuk membayar tagihan BPJS setiap bulannya.

Apabila BPJS tidak dibayar secara tepat waktu, ada sejumlah konsekuensi yang harus Anda hadapi. Tentu saja hal itu akan menyulitkan Anda apabila ingin berobat. Supaya tidak sampai telat membayar tagihan, lebih baik berpikir secara matang sebelum mendaftar BPJS. Sebagaimana mempertimbangkan beberapa hal yang akan dibahas dalam artikel ini.

Pertimbangkan Hal-hal ini Sebelum Mendaftar BPJS

tagihan bpjs
tagihan bpjs

Sebelum mendaftar BPJS, ada baiknya bagi Anda untuk mempertimbangkan sederet hal penting berikut:

Memahami Tujuan Daftar BPJS

Keamanan finansial sangat penting, terutama apabila Anda telah menginjak usia tidak prouktif. Selain menabung, Anda juga perlu mempertimbangkan asuransi kesehatan. Misalnya dengan mendaftar BPJS.

Asuransi ini sangat penting karena dinilai membantu dalam hampir segala aspek kesehatan. Sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir masalah keuangan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Mempertimbangkan Keluarga

Ketika mendaftar BPJS, Anda juga harus memperhatikan jumlah anggota keluarga dalam Kartu Keluarga. Jika salah satu mendaftar, maka seluruhnya wajib mendaftar. Untuk itu perhatikan dengan baik mengenai jumlah tanggungan yang akan dibayar.

Dengan mempertimbangkan jumlah anggota keluarga secara matang, Anda tidak perlu terkejut apabila di masa mendatang harus membayar dengan sejumlah uang tertentu. Sebab Anda telah melakukan persiapan dengan baik.

Memilih Kelas BPJS

Hal berikutnya yang perlu Anda pertimbangkan adalah pemilihan kelas BPJS. Ada tiga kelas dalam BPJS, yaitu BPJS kelas 1, BPJS kelas 2, dan BPJS kelas 3. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kemampuan finansial Anda. 

Jika Anda memang mampu memilih BPJS kelas 1, maka lebih baik memang memilih yang kelas 1. Sebab untuk BPJS kelas 3 diperuntukkan bagi mereka yang pendapatannya memang pas-pasan.

Memperhatikan Manfaat BPJS

Perlu Anda ingat bahwa jaminan kesehatan memiliki manfaat yang besar, terutama ketika peserta membutuhkan pertolongan medis. BPJS kesehatan menjadi salah satu solusi yang tepat karena dapat mencakup berbagai biaya mulai dari administrasi, rehabilitasi medis, rawat inap, hingga rawat jalan. 

Tentu saja hal ini akan sangat membantu para peserta dalam menyediakan dana untuk kesehatan. Alhasil proses berobat juga menjadi lancar.

Dukungan Pada Pemerintah

Dengan mendaftar BPJS kesehatan, berarti Anda menunjukkan dukungan terhadap program pemerintah. Sebagaimana yang Anda ketahui bahwa BPJS kesehatan merupakan upaya pemerintah untuk mewujudkan Indonesia yang sehat.

BPJS memang memiliki berbagai manfaat untuk membantu menyejahterakan rakyat di bidang kesehatan. Jika Anda tertarik dan merasa perlu untuk mendaftar BPJS, Anda bisa segera mendaftarkan diri bersama keluarga.

Hal yang perlu Anda ingat ketika telah membayar BPJS adalah konsisten untuk membayar tagihan setiap bulannya. Sebab jika BPJS Anda sampai dibekukan, proses mengurusnya juga lumayan sulit. 

Saat ini Anda tidak perlu repot pergi ke kantor BPJS untuk membayar tagihan. Sebab, Anda sudah bisa melakukannya secara online melalui Bank Sinarmas.

Ada beberapa metode yang bisa Anda pilih untuk membayar tagihan BPJS di Bank Sinarmas, yaitu melalui SimobiPlus, ATM, teller, dan Internet Banking.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *