Categories
Bisnis

Ini dia Jurusan yang Jarang Sekali Diketahui Oleh Para Calon Mahasiswa

Di dalam dunia perkuliahan kamu akan menemukan beragam jenis jurusan dan disiplin ilmu. Mulai dari yang kamu ketahui hingga bahkan ada sejumlah jurusan yang jarang diketahui oleh para calon mahasiswa baru. Meskipun kamu mungkin memasuki jurusan yang jarang diketahui orang, tapi kamu tetap akan bersaing dengan mahasiswa lain yang memiliki minat yang sama mulai dari mahasiswa kelas reguler atau pun pekerja di beberapa kota yang mengambil kuliah kelas karyawan yang memiliki banyak peminat.

Nah, di pembahasan kali ini kamu akan diberitahu sejumlah jurusan yang jarang diketahui orang. Mungkin bisa saja karena kurangnya sosialisasi pada jurusan tersebut sehingga banyak orang yang jarang mengetahui keberadaannya dan akhirnya sedikit yang berminat pada jurusan tersebut.

Tapi jangan salah, meskipun sedikit peminat, bisa jadi malah mahasiswa lulusan jurusan ini menjadi incaran perusahaan yang sedang mencari kandidat pekerjanya.

kuliah kelas karyawan
kuliah kelas karyawan

Berikut jurusan yang jarang diketahui oleh para calon mahasiswa baru:

  1. Ilmu Perpustakaan

Program studi (prodi) yang pertama adalah Ilmu Perpustakaan yang biasanya ditawarkan oleh beberapa kampus di Indonesia dalam jenjang D3 dan S1. Tidak sedikit juga ada beberapa Perguruan Tinggi yang menawarkan peluang studi lanjutan hingga Master untuk jurusan ini.

  1. Kehutanan

Apabila kamu merupakan orang yang memiliki ketertarikan lebih terhadap alam, itu bisa menjadi salah satu motivasi kamu untuk masuk ke jurusan Kehutanan. Mungkin jurusan ini tidak terlalu populer seperti ilmu kedokteran atau teknik, namun jurusan ini memiliki peluang kerja yang sangat luas.

  1. Seni Peran

Selanjutnya adalah prodi yang seringkali dianggap remeh. Mungkin karena beberapa orang berpikiran bahwa berakting atau melakukan seni peran itu tidak harus kuliah alias bisa belajar secara otodidak.

Hal itu bisa dibilang tidak salah, tapi ketika kamu memasuki perkuliahan dengan jurusan seni peran kamu akan mempelajari banyak hal tentang seni peran sesungguhnya yang bahkan tidak kamu ketahui bahwa hal itu dipelajari di jurusan seni peran.

  1. Manajemen Transportasi

Jurusan yang satu ini sangat erat dengan kehidupan keseharian manusia, yaitu Jurusan Manajemen Transportasi. Selama manusia masih menggunakan transportasi, maka jurusan ini masih memiliki prospek yang baik di masa depan. Pada jurusan ini kamu akan mempelajari berbagai macam hall mengenai perencanaan, pengoperasian, hingga pemeliharaan bermacam-macam jenis transportasi.

Selain itu juga kamu akan dibekali bagaimana cara menghitung biaya operasional kendaraan, tarif yang diberlakukan, rute transportasi, hingga perkiraan penggunaan bahan bakar. Meskipun jarang diketahui, jurusan ini cukup diminati oleh mahasiswa di beberapa kota baik kelas reguler atau pun pekerja yang mengambil kuliah kelas karyawan atau kota lainnya.

  1. Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan

Jurusan ini juga bisa disebut sebagai proteksi tanaman, dan perlu kamu ketahui bahwa mahasiswa lulusan jurusan ini sangat dibutuhkan lantaran Indonesia merupakan negara agraris dan terdapat berbagai industri yang berkaitan erat dengan bidang perkebunan hingga kehutanan.

  1. Kearsipan

Kemudian ada jurusan Kearsipan yang dapat dibilang cukup langka keberadaannya di beberapa Perguruan Tinggi. Pada jurusan ini kamu akan belajar mengenai hal yang berkaitan dengan mekanisme pengelolaan arsip, model kearsipan, cara pencarian, analisa, dan pelaporan arsip. Kearsipan juga mengajarkan bagaimana caranya menangani berbagai macam arsip yang memiliki standarnya sendiri.

Demikian sejumlah jurusan yang jarang diketahui oleh para calon mahasiswa baru. Meskipun jarang diketahui, jurusan ini tidak bisa dipandang sebelah mata karena lulusan dari jurusan yang jarang diketahui orang justru memiliki banyak peluang kerja. Namun, apapun jurusan yang kamu masuki, baik kamu adalah mahasiswa kelas reguler atau pun mahasiswa yang mengambil kuliah kelas karyawan. Kesuksesan seseorang tidak dapat diukur dari jurusan apa yang diambilnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *